Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Present Perfect Continuous Tense



Present Perfect Continuous Tense - Negative

Present Perfect Continuous Tense - Interogative

Present Perfect Continuous Tense digunakan untuk merujuk ke waktu yang tidak diketahui antara 'sekarang' dan 'sebelum sekarang'. Penutur memikirkan sesuatu yang berawal, tetapi mungkin tidak selesai dalam periode waktu tertentu. Penutur tertarik dengan proses dan hasil/akibat, dan proses ini mungkin masih berlanjut atau sudah selesai.
Aksi pada present perfect continuous tense biasanya berdurasi waktu tertentu dan ada relevansinya dengan kondisi sekarang.

Present Perfect Continuous Tense dibentuk dengan auxiliary verb have atau has, been dan present participle (-ing). Have digunakan untuk I, you, dan plural subject seperti: plural pronoun (seperti: they, we), plural noun (seperti: boys, men), dan compound subject dengan kata hubung “and” (seperti: you and I, Tom and Jack); sedangkan has untuk singular subject seperti: third person singular pronoun (seperti: he, she, it) dan singular noun (seperti: Tom, man).

Rumus
+ Subject + Have/Has + Been +Verb ing
-  Subject + Have/Has not + Been + Verb ing
?  Have/Has + Subject + Been + Verb ing

Example:
+ He has been cooking
- He has not been cooking
? Has he been cooking?

+ They have been studying
- They have not been studying
? Have they been studying?

Baca Juga: Present Perfect Tense

Fungsi dari Present Perfect Continuous Tense
1. Present Perfect Continuous Tense untuk menunjukkan aksi yang telah selesai pada suatu titik dimasa lampau diikuti relevansinya dengan kondisi saat ini (present).

Example
- The construction labors are thirsty since they have been removing the scaffoldings. (Pekerja konstruksi haus karena mereka telah memindahkan perancah.)
- Budi feels full as she’s been eating a half of the tart. (Budi kenyang karena dia telah  memakan separuh kue tart.)
- I have been working with my laptop all day, and now I want some delicious foods. (Saya telah bekerja dengan laptop sepanjang hari, dan sekarang saya ingin beberapa makanan lezat.)

2. Present perfect continuous tense untuk menunjukkan aksi yang baru saja selesai. Biasanya menggunakan adverb just.

Example
It has just been snowing in England. (Baru saja turun salju di Inggris.)

3. Present perfect continuous tense untuk menunjukkan aksi yang telah dimulai di masa lampau dan berlanjut sampai sekarang.

Example
- I’ve been driving a car through the rain for 30 minutes. (Saya telah sedang mengendarai mobil menembus hujan selama 30 menit.)
- The passangers have been waiting for the next flight since this noon. (Para penumpang telah menunggu penerbangan berikutnya sejak siang ini.)

Baca Juga : Simple Present Tense (Negative)

-----Thank You-----

Post a Comment

0 Comments